Tuesday 28 January 2014

PROGRAM ASCENDING/URUT DATA- PASCAL DAN SIMULASI ANTRIAN

SECARA SEDERHANA SIMULASI ADALAH  SALAH SATU CARA UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN KHUSUSNYA DIBIDANG TEKNIK SECARA ACAK (STOKASTIK), UMUMNYA DILAKUKAN DENGAN MELAKUKAN MENGGENERATE BILANGAN ACAK/RANDOM  UNTUK MENDAPATKAN RANCANGAN MODEL YANG MAMPU MENIRU REALITA/KEADAAN YANG SEBENARNYA DALAM UPAYA MENDAPATKAN SOLUSI TERBAIK DENGAN MELAKUKAN BERBAGAI SKENARIO TERHADAP ATRIBUT MAUPUN VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP REALITA YANG AKAN DIMODELKAN/DISEDERHANAKAN TERKAIT YANG DARI SUATU PERMASALAHAN/ FENOMENA YANG AKAN DIKAJI....
SEKEDAR BERBAGI TENTANG SIMULASI YG PERNA DILAKUKAN BERSAMA MENGENAI ASCENDING/PENGURUTAN DATA DAN ANTRIAN PADA DERMAGA,..
PADA KESEMPATAN KALI INI SAYA HANYA BISA SEDIKIT BERBAGI TENTANG SYNTAX/ATURAN BAHASA SECARA SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL, SEMOGA SYNTAX BERIKUT DAPAT MEMBERIKAN SEDIKIT PEMAHAMAN TENTANGG SIMULASI  (PEMAHAMAN TTG PROSES YG TERJADI, RESOURCE, ENTITAS DAN ATRIBUT/AKTIFITAS YG BERPERAN DALAM MELAKUKAN SIMULASI PADA KASUS DIBAWAH INI...)
SEMOGA CONTOH BERIKUT MEMBERI SEDIKIT MASUKAN/MANFAAT TTG SIMULASI TERKAIT MODEL/PENYERDEHANAAN REALITA....
MUDAH-MUDAHAN TEMAN /REKAN SEPERJUANGAN DAPAT MELAKUKAN RUNNING DENGAN MUDAH BERDASARKAN CONTOH BERIKUT..

SELAMAT MENCOBA YA..


program Project1;
 uses
  wincrt;
var
  k:array [1..100] of real;
  i,j,n,l:integer;
  z:real;
  satuan:string;
begin
  writeln('**program kapur terpanjang**');
  writeln('<<JHON LENNON / acakado>>');
  writeln;
  write('masukan jumlah kapur : ');  readln(n);
  for i:= 1 to n do
  begin
    write('panjang kapur ke-',i,'= '); readln(k[i]);
  end;
  z:=k[1];
  for j:=2 to n do
  begin
      if z < k[j] then
      begin
        z:=k[j];
         l:=j;
      end;
   end;
   writeln('posisi kapur  ke-: ',l:1);
   writeln('adalah kapur terpanjang dengan panjang = ',z:1:1,' [satuan]');
   readln;
 end.

program project1;

uses
  crt;
var
i,p,totp,penumpang,antri,j,n,jl:integer;
t,r:array [1..10] of real;
tot,totc,h,layanan,total:real;
begin
  writeln('masukan jumlah orang  : '); readln(n);
  writeln('jumlah layanan : '); readln(jl);
     writeln('   TABEL SIMULASI WAKTU ANTRIAN ');
     writeln('|-----|--------|---------|-------|---------|---------|---------|---------|');
     writeln('|ORANG| HEADWAY|   TD    |DERMAGA|   TR    |   TB    |   TP    |    TM   |');
     writeln('| KE- | (MENIT)| (WAKTU) |  KE-  | (MENIT) | (MENIT) | (MENIT) | (MENIT) |');
     writeln('|-----|--------|---------|-------|---------|---------|---------|---------|');
  for i:=1 to n do
  begin
    t[i]:=random()*10;
    writeln('waktu [pertama]: ',t[i]:1:1);
  end;

  tot:=0;

  for i:= 1 to n do
  begin
    tot:=tot + t[i];

        if tot <= 30 then
            begin

          total:=tot+5;
          penumpang:=i;
            antri:=10-penumpang;

                        end;
                        end;
  totc:=0;
                           for j:= 1 to antri do
                       begin
                         h:=random()*10;
                          totc:=totc + h;
                          if totc <30 then begin
                          r[j]:=random()*10;

                          end;
                           writeln('orang ke[masuk]: ',j:1);
                          writeln('masuk: ',r[j]:1:1);
                        layanan:=jl+1;
                    writeln('orang ke[antrian]: ',j:1);
               writeln('waktu [antrian]: ',h:1:1);
               writeln('pada layanan ke: ',layanan:1:1);
                         end;


                           writeln('jumlah waktu[antrian]: ',totc:2:2);
  writeln('terlayani[orang] : ',penumpang:1);
                         writeln('antri[orang] : ',antri:1);
               writeln('total layanan pertama[waktu] :',total:2:1);

  readln;

end.

No comments:

Post a Comment