Wednesday 29 January 2014

SEKILAS TENTANG WINERY DOGS

Sedikit cerita mengenai ketakjuban atas kolaborasi ke tiga maestro ini. ..

Terinspirasi dari band kiss, gitaris pennsylvania ini memulai mengenal gitar pada usia 7 tahun dan sangat banyak dipengaruhi oleh Sir Jimmi Hendrix (siapa yang ga kenal kakek buyut asal muasal dunia rock-guitar ). Dengan mengusung fender sebagai jagoannya, kotzen mulai saya kenal semenjak dia bergabung bersama Band yang bernama  Poison.

Kotzen dengan style blues dan campuran genre lainnya membuat winery dog menjadi terlihat lebih matang dengan permainan gitar dan getaran suaranya yang khas. Ditemani Pola permainan Billy Sheehan yang meniru solo gitarnya Eddie Van Halen, pake typing ke seluruh not bass.

Billy Sheehan pernah mengerjakan beberapa proyek album selain dengan Mr.Big, yaitu dengan G3 . Billy sheehan memiliki teknik permainan yang powernya sangat besar, ia juga memakai akord dan teknik two handed tapping seperti biasa dipakai oleh gitaris.

Gaya bermain Billy banyak dipengaruhi oleh Tim Bogert, Cliff Burton bahkan Sebastian Bach namun ia menganggap Jimi Hendrix adalah sumber inspirasinya.

Satu lagi maestro yeng berpengaruh @winery dog adalah mike portnoy. "Mike" Portnoy (lahir 20 April, 1967) adalah drummer Amerika terutama dikenal sebagai mantan drummer, backing vokalis, dan co-pendiri band progressive metal Dream Theater (leave in 2010) . "Mike" juga dikenal karena keterampilan teknis sebagai drummer, Portnoy telah memenangkan 26 penghargaan dari majalah Modern Drummer yang terkenal dengan ketukannya yang ganjil (beat) serta kemampuan beking vokal yang khas dan menulis lagu nan beralirkan proggresif metal..

Selain karyanya dengan Dream Theater, Portnoy dikenal karena banyak pihak proyek dan band upeti. Dia adalah anggota pendiri Experiment Liquid Tension, sebuah band rock progresif berperan menampilkan sesama anggota Dream Theater John Petrucci dan Jordan Rudess bersama dengan bassis Tony Levin. 
MIKE PORTNOY dan kawan-kawan pernah membawakan lagu  Cemetery Gates nya PANTERA - https://www.youtube.com/watch?v=0VqiYKGI8nc-Damage Inc bersama Barney Greenway nya NAPALM DEATH --https://www.youtube.com/watch?v=gI_cqckv-Vg , cover lagu METALLICA dan HOT-HITS lainnya. Aumsi saya dengan variasi terhadap berbagai band ternama dan  memainkan jenis yang berbeda dari Band yang diusung, mike adalah sosok yang mencerminkan bawha sosok/pribadi  dan band yang sangat dimamis dalam iklim permainan maupun hubungan terhadap band llain yang memiliki kiblat yang berbeda. 
Kalo teman -teman juga mau telusuri, MIKE PORTNOY dan PAUL GILBERT (MR.BIG) pernah malukan cover BLACKDOG hits/lagunya Led Zepplin dengan versi yang lumayan sadis dan cadas tapi terbaik menurut saya dan ga kalah dari lagu aslinya..  ..
Dia 'MIKE' juga anggota pendiri Transatlantic, batu "super-group" progresif yang menampilkan mantan Spock Beard keyboardist / vokalis Neal Morse, Flower Kings gitaris Roine Stolt dan Marillion bassist Pete Trewavas. Portnoy juga telah mencatat dan / atau tur / tampil live dengan Neal Morse, OSI, Salam!, Stone Sour, Fates Warning, Overkill, G3 dan bermain di Avenged Sevenfold album Nightmare in tempat drummer-an, The Rev Selama bertahun-tahun, Portnoy juga telah menciptakan band tribute untuk The Beatles, Led Zeppelin, Rush, dan The Who, yang telah memungkinkan dia untuk melakukan musik dari empat drumer favoritnya.

Akhirnya perpaduan ketiga maestro inilah yang melahirkan the wonery dogs dengan ciri musik yang menurut saya lembut namun berlairkan metal.. recomend dari saya tuk sobat dengarkan hits yang berjudul YOU SAVE ME yang ditulis oleh mike sendiri yg konon dia terinspirasi oleh istrinya yang menyelematkan dia dari kecanduan alkohol dan obat-obatan....
Selamat mendengar, salam sejahtera dan jangan lopa, sambil menikmati kopi kita kupas hitsnya the winery dog... CIAO

No comments:

Post a Comment